Senin, 01 April 2024

Makhluk Hidup yang Bisa Berubah Jadi Zombie karena Jamur Cordyceps

 Jamur Cordyceps

Dikenal karena film The Last of Us, bukan manusia yang dapat diubah menjadi zombie oleh jamur Cordyceps melainkan makhluk hidup yang satu ini


The Last Of Us, publik tengah dibuat heboh dengan film yang diadopsi dari sebuah games PlayStation populer dengan nama yang sama.

Film Hollywood tersebut pertama kali rilis di HBO pada tanggal 15 Januari 2023, dan ditonton oleh 4,7 juta penonton AS untuk episode pertamanya karena film The Last Of Us memiliki 9 episode yang tayang pada setiap hari Senin.

Film yang diproduksi oleh Sony Pictures Television yang bekerjasama dengan PlayStation Productions tersebut juga tidak luput disorot oleh warganet karena keterlibatan seorang aktris senior Christine Hakim yang berperan sebagai ilmuwan bernama Ratna Pertiwi yang diminta untuk meneliti jamur Cordyceps dan menemukan vaksinnya karena jamur Cordyceps dapat mengubah manusia menjadi zombie.

Adanya film The Last Of Us tersebut membuat bertanya-tanya banyak orang termasuk TS, apakah ada jamur yang bernama Cordyceps, dan apakah benar jamur tersebut dapat mengubah manusia menjadi zombie?




Usut punya usut dari berbagai sumber artikel yang TS baca, jamur Cordyceps ternyata memiliki nama asli Ophiocordyceps unilateralis. Jamur Cordyceps tumbuh di hutan-hutan tropis termasuk di Indonesia, tergolong dalam genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga terutama pada semut.

Jika pada film The Last Of Us jamur Cordyceps dapat mengubah manusia menjadi zombie ternyata itu hanya fantasi dari sang penulis skenario film tersebut GanSis, karena pada faktanya bukan manusia yang dapat diubah menjadi zombie oleh jamur yang satu ini, melainkan hewan-hewan jenis serangga dan salah satunya adalah semut.

Infeksi jamur Cordyceps pada semut dapat menjadikan semut menjadi halusinasi, keluar dari lingkaran koloninya untuk mencari makan dan mencari pasangan dengan tinggal di tempat lembab dimana jamur Cordyceps dapat tumbuh sampai akhirnya semut mati karena tumbuhnya jamur pada bagian kepala, dan jamur Cordyceps menginfeksi semut-semut yang lain.

Meskipun jamur Cordyceps berbahaya bagi semut dan dapat menjadikannya sebagai zombie, ternyata jamur ini memiliki manfaat baik bagi manusia.

Diketahui pengobatan tradisional China menjadikan jamur Cordyceps sebagai bahan dasar ramuan yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah, memperlambat penuaan, mencegah tumor, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan masa otot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar