Sabtu, 02 September 2023

Ada apa dengan ciput?

 


Seorang guru pelajaran Bahasa Inggris, di sebuah sekolah negeri (bukan sekolah agama), menghukum 14 muridnya dg menggunduli sebagian rambut bagian atas kepala. Alasannya? Mereka pakai jilbab tapi gak pakai ciput sehingga rambutnya kelihatan di bagian depan.
Ada apa dengan ciput? Atau pertanyaan lebih dasar lagi: ada apa dengan rambut? Kenapa soal rambut saja menjadi perkara besar?
Sang guru yang bukan mengajar pelajaran agama itu memaksakan pendapatnya dan menggunakan otoritasnya sebagai guru untuk menghukum siswanya dg cara yang gak masuk akal dan bikin trauma muridnya.
Bahkan kalaupun sang guru menganggap jilbab itu perkara wajib, dalam nash al-Quran dan Hadis tidak ditemui apa bentuk hukumannya di dunia ini. Tidak pula ini masuk ke jinayah (pidana Islam). Berlebihan tindakannya!
Ada satu perintah lain yang sangat penting tapi kita suka lupakan, yaitu “menundukkan pandangan”.
QS an-Nur:30
“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman: ‘Hendaklah mereka menundukkan pandanganya..’”
QS an-Nur:31
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: ‘Hendaklah mereka menundukkan pandangannya…”
Menundukkan pandangan itu bukan berarti kita melihat ke bawah terus menerus atau memejamkan mata. Tapi bagaimana mengontrol diri utk tidak memandang lawan jenis dg pandangan syahwat, pandangan yang melecehkan, dan pandangan yg tidak menghormati orang lain sbg manusia yg bermartabat.
Bapak dan ibu guru, saat ini lebih mendesak mengajari murid anda utk menghormati orang lain, apapun pakaian mereka, sikap & perilaku mereka. Ajarkan bahwa ada orang yg punya definisi aurat yg berbeda, ada yg memilih menutupi auratnya dg cara pilihan mereka, baik kalian setuju atau tidak, tetaplah kontrol diri kalian, dan hormati pilihan mereka. Jangan lecehkan mereka atau kalian menjadi sok suci. Kontrol diri sesuai perintah Quran di atas.
Percayalah, saat ini kita membutuhkan guru yg berani menekankan dan mengkontekstualisasikan makna ‘menundukkan pandangan’ pada ayat di atas. Dimanapun nanti murid anda berkiprah, lelaki atau perempuan, mereka akan jadi pribadi yg menghormati hak & pilihan orang lain.
Itu sebabnya aku selalu menghormatimu, sayang🙏🥰
Tabik,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar